Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada salahnya jika kita menanam daun sirih di pekarangan rumah. Karena ternyata manfaat daun sirih sangat baik untuk menangkal berbagai macam gangguan kesehatan tubuh sehari-hari. Daun sirih sangat mudah didapatkan karena merupakan salah satu tanaman yang popular di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Tanaman yang menjalar ini sebenarnya mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah daun sirih merah dan daun sirih hijau. Namun dari segi manfaat dan kegunaan, keduanya tidak jauh berbeda. Seperti yang dilansir dari okezone.com, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Daun Sirih


manfaat dau sirih


Untuk mengatasi mimisan

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung. Untuk menghentikan mimisan tersebut, Anda cukup mengambil selembar daun sirih kemudian patahkan bagian daunnya dan gulung. Setelah itu rebahkan pasian dan masukkan daun sirih yang sudah digulung tadi ke lubang hidung yang mimisan. Diamkan kurang lebih 15-30 menit sampai darah berhenti.

Untuk mengatasi sakit gigi

Sakit gigi memang sangat mengganggu, apalagi pada saat malam hari, bisa membuat kita tidak bisa tidur. Untuk mengatasinya Anda dapat merebus daun sirih. Setelah mendidih diamkan sejenak biar tidak terlalu panas yang nantinya Anda gunakan untuk berkumur. Ulangi berkumur dengan rebusan air sirih tersebut beberapa kali sampai sakit gigi sembuh terutama pada area gigi yang sakit. Selain untuk sakit gigi, resep ini juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi sariawan, bau mulut dan gusi bengkak.
   
Untuk sakit jantung

Daun sirih juga bisa sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit jantung. Caranya Cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Kemudian tumbuk sampai hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air ramuan tersebur dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin dan teratur.

Untuk menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat salah satunya ternyata dapat dilakukan dengan daun sirih. Caranya cukup mudah, ambil 12 lembar daun sirih, kemudian campurkan dengan sepotong jahe. Masukkan keduanya dalam cangkir/gelas, Setelah itu seduh dengan air panas yang baru mendidih. Minum ramuan ini tiga kali sehari. Selain untuk jerawat, ramuan ini juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Untuk mengharumkan miss v

Khasiat daun sirih untuk mengharumkan miss v memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran jika ada produk perawatan miss v yang menggunakan bahan utama daun sirih. Karea daun sirih dapat mengatasi miss v yang tidak sedap. Selain itu daun sirih juga dapat mencegah keputihan dan menyeimbangkan pH miss v. Caranya:

Siapkan bahan Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 5 lembar daun sirih
  • 2-3 cm kayu manis
  • 5 butir cengkeh (bila Anda tidak keputihan, kurangi cengkehnya)
  • 1/2 liter air.
Cara membuat dan memakainya:
  • Rebus bahan-bahan tersebut hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, kurang lebih selama 10-15 menit.
  • Pada saat merebusnya, gunakan api kecil, kemudian siapkan bangku khusus ratus yaitu bangku dengan bagian tengah berlubang sehingga pas denganposisi miss v untuk melakukan penguapan.
  • Letakkan baskom rebusan herbal tadi di bawahnya.
  • Duduklah diatasnya, selimuti bagian pinggang kebawah dengan kain atau handuk agar uap hanyamengarah pada miss v.
  • Lakukan penguapan selama 10-15 menit.
  • Anda dapat melakukan perawatan ini satu mingu sekali, sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya karena dapat berpengaruh buruk terhadap keseimbangan pH miss v.
Untuk mengatasi keputihan

Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat melawan bakteri penyebab keputihan pada Miss V.

Untuk mengatasi bau badan

Kandungan pada daun sirih yang ampuh melawan segala macam bakteri juga berguna melawan penyebab bau badan.

Untuk mengatasi bau mulut

Untuk mengatasi bau mulut, Anda dapat berkumur dengan menggunakan rebusan daun sirih secara rutin dan teratur. Hal ini karena daun sirin mengandung bahan alami yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Cukup banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun sirih. Selain daun sirih, Anda juga bisa mencoba manfaat daun sirsak yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!