Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat daun sirih salah satunya adalah dapat mengatasi masalah keputihan pada wanita. Kebersihan tubuh memang harus dijaga, apalagi pada daerah kewanitaan. Kebanyakan wanita pasti pernah mengalami gangguan pada area miss v tersebut yaitu keputihan. 

Keputihan merupakan salah satu gangguan pada daerah kewanitaan yang disebabkan oleh jamur. Salah satu jamur penyebabnya adalah jamur Candida albicans. Biasanya keputihan muncul menjelang datang bulan atau setelah datang bulan. Dalam beberapa kasus juga sering terjadi keputihan yang tidak wajah yaitu Keputihan yang berwarna dan berbau. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka segeralah mengatasinya menggunakan bahan alami daun sirih dan jangan pernah menganggap sepele masalah tersebut.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan


Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan

Seperti yang dikutip dari vemale.com, daun sirih mengandung minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, gula, dan eugenol. Tidak heran jika daun sirih dapat mengatasi gangguan jamur Candida albicans penyebab keputihan karena beberapa kandungan diatas. 

Selain itu, daun sirih juga bersifat analgesik atau dapat meredakan rasa nyeri, serta kandungan tannin pada daunnya juga bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada miss v. Berikut ini cara membuat dan memakai daun sirih untuk mengatasi masalah keputihan.

Siapkan:
  • 5-7 lembar daun sirih
  • 2-2,5 liter air

Cara membuat dan memakainya:
  • Bersihkan daun sirih yang telah Anda ambil tadi.
  • Rebus dengan air sebanyak 2 - 2.5 liter hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, tunggu sebentar dan rasakan ditangan, jika panasnya sudah turun atau suam maka basuhlah sekitar area mis v secara berulang-ulang.
  • Lakukan cara tersebut tersebut hingga keputihan dan rasa gatalnya hilang.

Jika Anda melakukannya secara rutin dan teratur, maka keputihan dan rasa gatal pada area miss v dapat hilang. Cegah keputihan sedini mungkin karena jika sampai terlambat dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah. Selain daun sirih, Anda juga bisa mencoba manfaat daun sirsak yang juga ampuh untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Selamat mencoba!