Manfaat Daun Sirsak Untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun sirsak ternyata dapat kita gunakan untuk mengatasi kolesterol yang tinggi. Dari berbagai macam penelitian yang telah dilakukan, kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun sirsak dapat menurunkan kolesterol secara alami. Kandungan lain yang terdapat dalam daun sirsak antara lain tanin, alkaloid, acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin dan muricapentocin. Berbagai macam kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh sebagai obat maupun untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

Untuk dapat menurunkan kolesterol memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dilakukan secara medis dengan bantuan obat-obatan penurun kolesterol maupun secara alami salah satunya dengan menggunakan manfaat dan khasiat daun sirsak. Namun dengan menggunakan daun sirsak, kita terbebas dari efek samping seperti penggunaan obat-obatan bahan kimia. Oleh sebab itu lebih aman jika kita menggunakan bahan alami seperti daun sirsak.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol

Apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan zat yang dalam kadar tertentu merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh karena jika tanpa adanya kolesterol maka tubuh tidak akan sehat. Namun jika kolesterol tidak dikontrol dan cenderung berlebihan maka kolesterol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, dan gagal ginjal.

Kolesterol tidak sama dengan lemak, memang keduanya memiliki kemiripan namun berbeda. Dari struktur kimianya, kolesterol dapat digolongkan ke dalam keluarga lemak. Namun, lemak sendiri tidak hanya berupa kolesterol namun terdiri atas banyak komponen misalnya, lemak yang berasal dari tumbuhan atau lemak nabati bukanlah kolesterol melainkan fitosterol.

Dalam sirsak terdapat kalsium yang diperlukan dalam pembekuan darah, penstabil berbagai fungsi tubuh. Selain itu, manfaat lain dari kalsium adalah dapat berperan dalam meringankan insomnia, mengatur ritme detak jantung, sebagai transmisi impuls syaraf, membantu menurunkan kadar kolesterol, pertumbuhan otot, mencegah terjadinya kram otot, dan pembekuan darah secara normal, juga membantu mengurangi risiko serangan kanker usus besar.

Selain dapat kita gunakan untuk mengatasi kolesterol, Anda juga bisa mencoba manfaat daun sirsak untuk menurunkan darah tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Selamat mencoba!