Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Daun cincau merupakan salah satu tumbuhan yang digunakan sebagai gel seperti agar-agar. Gel atau agar-agar dari daun cincau ini sering digunakan untuk membuat minuman es yang segar dan dapat menghilangkan dahaga.

Namun tahukah Anda bahwa daun cincau ternyata dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan? Hal ini disebabkan karena daun cincau mengandung berbagai macam zat yang baik yaitu karbohidrat yang menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida.

Manfaat Daun Cincau


Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun cincau untuk mengatasi berbagai macam penyakit:


Menurunkan demam atau panas
Daun cincau yang menyegarkan ternyata dapat digunakan untuk menurunkan demam atau panas pada anak. Caranya ambil dua lembar daun cincau dan rendam dengan lima sendok air matang. Kemudian remas-remas daun cincau hingga air berubah warna menjadi hijau dan kental. Saring air tadi dan segera minumkan pada anak yang panas, bisa 4 jam sekali atau tiga kalo sehari tergantung seberapa tinggi panas pada anak tersebut. 

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi
Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi dapat mencoba daun cincau untuk mengatasinya. Caranya ambil beberapa daun cincau, rendam dengan air dan remas-remas hinggau air mejadi hijau. Saring dan diamkan hingga menjadi agar-agar, setelah itu minum dengan gula jawa.

Mengatasi radang lambung, Typhus dan Penyakit Usus
Caranya ambil 50 gram daun cincau yang masih segar. Kemudian cuci bersih dan tumbuk sampai hancur, tambahkan  empat gelas air matang, remas - remas, peras dan kemudian saring airnya. Diamkan air cincau yang telah disaring hingga mengental dan tambahkan lima sendok kecil gula, minum ramuan ini tiga kali dalam sehari.

Tidak hanya daun cincau saja yang dapat memberikan khasiat baik untuk tubuh, masih banyak daun lainnya seperti manfaat daun sirsak, daun singkong, daun binahong, daun kelor, daun katuk dan masih banyak lagi. Indonesia merupakan gudangnya tanaman herbal yang dapat kita ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jadi berbanggalah menjadi bagian dari bangsa ini yang diberi kekayaan alam melimpah.