6 Manfaat Daun Bayam Dan Kandungan Gizinya

Bayam merupakan salah satu tumbuhan hijau yang banyak mengandung nutrisi dan gisi yang baik untuk tubuh. Bukan tanpa alasan jika sumber kekuatan popeye adalah bayam dan menganjurkan kita agar rutin mengkonsumsinya karena bayam kaya akan protein, mineral, vitamin, zat besi dan antioksidan.

Selain memiliki banyak manfaat, bayam juga mudah untuk mendapatkannya. Karena bayam mudah sekali tumbuh baik di pekarangan rumah maupun di ladang sebagai tanaman budi daya. Untuk konsumsi harian, sebaiknya pilihlah bayam yang masih segar.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bayam

Jika melihat betapa banyaknya kandungan yang terdapat dalam bayam, terasa aneh ketika banyak dari kita yang tidak menyukainya apalagi anak-anak. Padahal bayam telah lama dikenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh, sama halnya dengan manfaat daun sirsak.  Berikut ini kandungan gizi dan manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan.

Kandungan Gizi Bayam Dalam 100 gram

  • Energi  : 36  kal
  • Protein : 3,5 g
  • Lemak   : 0,5 g
  • Karbohidrat :6,5  g
  • Serat   : 0,8g
  • Kalsium : 267mg
  • Fosfor : 67mg
  • Besi   : 3,9mg
  • Vitamin A : 6.090 IU
  • Vitamin B1 : 0,08mg
  • Vitamin C : 80mg
  • Air : 86,9g

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh Sehari-hari


Membantu untuk mengatasi sembelit
Jika Anda mengalami sembelit, dapat segera mengatasinya dengan bantuna jus bayam. Anda dapat membuatnya dengan mengambil bayam yang masih segar dan alami. Tidak hanya dapat mengatasi sembelit saja, bayam juga dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membantu untuk mengurangi nyeri sendi
Jus bayam dapat membantu mengurangi kondisi arthritis dan radang sendi karena dalam bayam terdapat vitamin K yang tinggi. Oleh sebab itu dapat mmberikan tingkat kalsium yang baik bagi tubuh. Anda juga dapat menambahkan biji rami pada saat membuat jus bayam yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan osteoporosis.

Membantu untuk meningkatkan penglihatan
Dengan kandungan vitamin A yang terdapat dalam bayam dapat membantu untuk meningkatkan indra penglihatan. Selain itu, bayam juga mengandung karotenoid yang dapat membantu mencegah katarak. Minumlah jus bayam secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Membantu untuk mengatasi anemia
Hal ini disebabkan karena bayam mengandung zat besi yag dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Bayam juga dapat membantu membangun sel-sel darah baru dalam tubuh. Karena kaya dengan zat besi, jus bayam juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Anda dapat menambahkan wortel pada saat membuat jus bayam untuk mengatasi masalah anemia pada wanita.

Membantu untuk melawan pendarahan gusi
Bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Anda dapat memberikan asupan jus bayam secara rutin untuk mengatasi gusi berdarah. Selain itu, vitamin C yang tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan pilek dan flu.

Membantu menjaga kesehatan kulit
Anda menginginkan kulit yang sehat? Maka konsumsilah jus bayam yang kaya dengan asam folat. Anda juga dapat menambahkan timun kedalam jus bayam untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit mulai dari jerawat hingga penuaan dini.

Bayam dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sayuran atau dibuat minuma jus yang menyehatkan. Anda juga bisa menambahkan sayuran lain saat membuat jus bayam untuk mendapatkan khasiat ekstra. Sudahkah Anda mengkonsumsi bayam hari ini?