Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun sukun ternyata tidak kalah dengan buahnya, mungkin selama ini kita hanya fokus pada buah sukun saja. Padahal daun sukun juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk keshatan tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari kita memang lebih akrab dengan buah sukun yang biasa diolah dengan cara direbus, digoreng, dibuat keripik dan lain sebagainya. Dibalik semua itu, daun sukun yang biasanya kita anggap hanya sebagai daun kering yang kurang diperhatikan ternyata menyimpan beberapa khasiat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. 

Hal ini disebabkan karena daun sukun mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia seperti histidine, isoleusin, lysine, methionin, tryptophan dan juga valin. Tidak hanya itu, dalam daun sukun juga terdapat kandungan lainnya seperti, hidrosianat, asetilcolin, tannin dan juga riboflavin. Lantas apa saja khasiat daun sukun untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Daun Sukun


Manfaat Daun Sukun
image:alfalfa.co.id

Untuk menyehatkan ginjal
Ginjal yang sehat tentu saja keinginan kita semua, untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, Anda dapat menggunakan daun sukun. Caranya ambil beberapa daun sukun kemudian bersihkan. Setelah itu rebus dengan air hingga mendidih. Anda dapat meminum air rebusan daun sukun tersebut secara teratur.

Untuk menurunkan kadar kolesterol
Daun sukun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, caranya seperti kita membuat teh dengan mengambil segenggam daun sukun kering, tambahkan bangle kemudian seduh dengan air panas. Minum secara rutin setiap hari.

Untuk mengatasi sakit jantung
Anda dapat menggunakan bahan herbal daun sukun untuk membantu mengatasi sakit jantung. Caranya ambil satu lembar daun sukun yang sudah tua namun yang masih tetap berada pada pohon. Karena daun yang masih menempel  memiliki kandungan yang lebih baik dari pada daun yang sudah jatuh. Kemudian cuci hingga bersih dan jemur sampai kering. Setelah kering, ambil lima gelas air dan rebus daun sukun tersebut hingga air tersisa separuhnya. Kemudian tambahkan lagi lima gelas air lagi dan saring hingga siap diminum rebusan air sukun tersebut.

Selain daun sukun, Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah penyakit ringan hingga penyakit berat seperti kanker. Jika tidak ingin ribet membuat ramuan daun sirsak, kini sudah banyak dijual ramuan daun sirsak dengan kulit manggis yang praktis. Semoga bermanfaat!