Beragam Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Manfaat daun katuk memang lebih populer untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui, namun sebenarnya khasiat daun katuk tidak hanya itu saja. Masih banyak lagi beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman yang biasanya digunakan sebagai tumbuhan penghias pagar ini.

Daun katuk sangat segar untuk dibuat sayur bening, seperti bayam dan beberapa sayur lainnya. Biasanya dauk katuk dimasak bersama oyong, dibumbui dengan irisan bawang merah dan putih serta berbagai macam bumbu masakan lainnya. Disajikan dengan sambel terasi yang pedas pasti menjadi menu yang pas untuk disantap siang hari.

Manfaat Daun Katuk


Manfaat Daun Katuk
image:daunkatuk.com

Dibalik semua kesegaran daun katuk ini, ternyata terdapat banyak sekali kandungan gizi yang bisa kita dapatkan. Diantaranya adalah kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Selain kaya dengan kandunagn protein, lemak, vitamin, dan mineral, daun katuk juga memiliki kandungan tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin sehingga sangat potensial untuk dijadikan bahan pengobatan alami. Seperti yang dikutip dari m.vemale.com, berikut ini beberapa khasiat daun katuk untuk kesehatan.

Untuk melancarkan ASI
Bagi para ibu yang sedang menyusui, untuk melancarkan ASI Anda dapat mengkonsumsi daun katuk karena mengandung senyawa asam seskuiterna dan kandungan-kandungan senyawa penting lainnya.

Untuk menyehatkan mata
Daun katuk dapat menyehatkan mata karena terdapat kandungan Vitamin A di dalamnya untuk mencegah berbagai macam gangguan dan penyakit yang menyerang indera penglihatan kita.

Untuk mengatasi Anemia
Anemia atau kurang darah dapat diatasi menggunakan daun katuk, hal tersebut dapat terjadi karena dalam setiap 100 gram zat daun katuk mengandung 2,7 miligram zat besi yang berguna bagi penderita anemia. Selain zat besi, kandungan kalsium dalam daun katuk sebanyak 204 miligram atau empat kali lebih tinggi  dibandingkan kandungan mineral daun kol.

Mengandung klorofil
Klorofil dapat berfungsi untuk membersihkan jaringan tubuh, mengatasi parasite, bakteri, virus dan sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan klorofil dalam daun katuk lebih banyak dari pada tanaman jenis lainnya.

Daun katuk mengangung kolagen
Daun katuk juga memiliki kandungan kolagen yang dapat berfungsi untuk mengangkut lemak, meyehatkan gusi sehat, meningkatkan imunitas, membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah, meyembuhkan luka dan meningkatkan fungsi otak.

Selain manfaat daun katuk, Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun sirsak yang juga melimpah untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Selamat mencoba!