Manfaat Daun Kemangi Mulai Dari Demam Sampai Kesehatan Jantung

Daun kemangi biasanya banyak digunakan sebagai lalapan penambah cita rasa makanan. Namun tahukah Anda, jika ternyata ada banyak sekali manfaat daun kemangi yang bisa kita peroleh untuk kesehatan sehari-hari. Kelebihan aroma wangi tersebut yang membuat makanan menjadi lezat sehingga dapat menambah selera makan kita.

Kemangi dapat tumbuh subur di daerah tropis dan bersuhu hangat. Oleh sebab itu sangat mudah kita temui daun kemangi di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai kurang lebih satu meter jika sudah dewasa, tumbuh membentuk semak-semak, memiliki daun kecil-kecil, bunga yang berwarna putih dan tentu saja aroma wangi yang menjadi ciri khas daun kemangi.

Manfaat Daun Kemangi


Manfaat Daun Kemangi

Dalam daun kemangi terdapat beberapa kandungan gizi yang dapat kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Pada daun dan bunganya terdapat senyawa sitrat yang menimbulkan aroma wangi khas. Selain atsiri, daun kemangi juga mengandung sejumlah senyawa penting, diantaranya adalah senyawa 1-8 sineol, zat arigin, senyawa anetol, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, Zat triptofan, dan masih banyak lagi.

Daun kemangi juga tidak kalah ampuh seperti manfaat daun sirsak dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengobati demam dan masuk angin pada balita
Jika balita Anda mengalami demam dan masuk angin, maka Anda dapat menggunakan daun kemangi untuk mengatasinya. Caranya cukup ambil beberapa daun kemangi, setelah itu remas bersama bawang merah dan minyak kelapa. Setelah semuanya tercampur rata, oleskan pada perut, dada, dan punggung.

Untuk memperlancar ASI
Bagi para ibu-ibu muda yang sedang menyusui, Anda dapat menggunakan daun kemangi untuk memperlancar ASI.

Untuk menunda menopouse
Menopouse merupapakan berhentinya siklus bulanan pada wanita dewasa. Wanita yang mengalami menopouse juga mengalami kelemahan tulang. Kemangi mengandung zat triptofan pada bagian daunnya sehingga bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

Dapat membunuh jamur penyebab keputihan
Tidak hanya manfaat lidah buaya saja yang dapat mengatasi keputihan, daun kemangi juga dapat membunuh jamur penyebab keputihan karena mengandung senyawa eugenol.

Dapat membantu pematangan sel telur (ovulasi)
Hal ini disebabkan karena dalam kemangi juga terdapat zat stigmaasterol yang dapat merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

Sebagai Anti Peradangan
Dengan kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol, daun kemangi dapat  berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

Memelihara kesehatan Jantung
Daun kemangi dapat memelihara kesehatan jantung karena terdapat betakaroten dan magnesium yang merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memeliharanya agar tetap sehat.

Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery)
Pada pasien stroke, kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh nadi karena kandungan isoflavon yang terdapat pada kemangi. Selain pada kemangi, zat isoflavon juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong.

Jadi selain menambah cita rasa, daun kemangi juga menyehatkan. Sehingga kita bisa mendapatkan manfaat ganda dari tanaman yang satu ini. Selain kemangi, daun daunan lain yang juga baik untuk kesehatan adalah daun beluntas. Tidak ada salahnya Anda mencoba manfaat daun beluntas sebagai alternatif pengobatan bahan herbal. Semoga bermanfaat!