4 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

Daun beluntas merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak ditemukan di daerah pedesaan sebagai tanaman pagar, pada lahan kosong atau di hutan sebagai tanaman liar. Tanaman ini dapat hidup dan tumbuh pada lahan kering, tandus, gersang dan berbatu. 

Salah satu ciri-ciri tanaman beluntas adalah memiliki banyak cabang, berusuk halus, dan berbulu lembut. Dengan bunga yang berwarna ungu berbentuk bonggol bergagang dan muncul pada ujung cabang di ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi mencapai 2 m bahkan lebih. Banyak ditemukan pada daerah dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. 

Manfaat Daun Beluntas


Manfaat Daun Beluntas

Beluntas memiliki nama-nama yang berbeda pada setiap daerah. Orang melayu menyebutnya beluntas, sedangnya di sunda disebut baluntas, baruntas , di jawa disebut luntas , orang madura menyebutnya baluntas, lamutasa sebutan orang makasar, dan masih banyak lagi sebutan lainnya. 

Kandunga daun beluntas
Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan pada akar beluntas terdapat kandungan flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis dan rasanya getir namun menyegarkan.

Di daerah pedesaan, daun beluntas biasanya banyak dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan demam. Seperti yang dikutip dari vemalecom, berikut ini empat manfaat dan khasiat daun beluntas untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.
  1. Dapat digunakan sebagai antibacterial extract. Hal tersebut telah diuji oleh Davis Stout yang dilakukan terhadap bakteri-bakteri dari kelompok patogen penyebab keracunan makanan seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.
  2. Dapat mengatasi bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Anda dapat menggunakan daun beluntas sebagai lalapan atau dimasak dengan cara di kukus saja untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang mengganggu.
  3. Dapat mengatasi keputihan. Bagi wanita, masalah keputihan tentu saja menjadi suatu masalah yang serius. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya Cukup ambil 20 helai daun ini direbus dengan segelas air dan 1 akar tapak liman. Kemudian minum ramuan ini dua kali sehari. manfaat daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan selain daun beluntas.
  4. Untuk mengatasi nyeri haid. Datang bulan pada wanita memang terkadang membuat nyeri yang sangat menyiksa. Anda dapat mengatasinya menggunakan daun beluntas, caranya ambil 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam. Ramuan ini dapat meredakan nyeri haid yang sering menggangu wanita yang rutin terjadi hampir tiap bulan.
Penggunaan bahan-bahan herbal alami dapat meminimalisir penggunaan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Salah satu bahan alami yang juga bagus untuk kesehatan adalah manfaat daun sirsak. Jadi tunggu apa lagi, tertarik mencoba manfaat daun beluntas untuk kesehatan diatas?