Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Manfaat daun sirsak untuk diabetes berikut ini merupakan salah satu alternatif cara pengobatan secara alami yang bisa Anda coba. Manfaat daun sirsak memang sangat baik untuk kesehatan dan sangat beragam, namun kali ini kita akan membahasnya untuk masalah penyakit diabetes.

Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kenaikan gula darah disebabkan karena insulin atau hormon pengatur gula darah yang dihasilkan tidak mencukupi sehingga tidak dapat mengatur dan mengontrol dengan baik.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Penyakit diabetes dapat menyerang kepada siapa saja, namun bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga diabetes mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit tersebut. Selain faktor keluarga, masih ada beberapa faktor lain yang dapat beresiko terkena diabetes yaitu mereka yang mengalami kegemukan, mempunyai kolesterol tinggi karena pola makan yang tidak baik, hipertensi dan jarang melakukan aktifitas fisik. Apalagi bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas dan memiliki masalah kegemukan, maka sangat beresiko sekali terkena diabetes. Berikut ini gejala umum yang sering terjadi pada penderita diabetes tahap awal:

  • Haus dan banyak minum
  • Lapar dan banyak makan
  • Sering kencing
  • Berat badan menurun
  • Mata kabur
  • Luka lama sembuh
  • Mudah terjadi infeksi pada kulit (seperti gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  • Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  • Badan terasa lemah
  • Mudah mengantuk

Jika Anda mengalami gejala diatas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda mengidap penyakit diabetes atau tidak.

Lantas apa hubungan diabetes dengan daun sirsak? Daun sirsak dipercaya mampu menjaga atau menurunkan kadar gula dalam darah pada batas normal. Hingga kini para ilmuan sedang melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun sirsak tersebut karena penemuan tersebut masih terbilang baru dan belum teruji secara klinis. Lewat percobaan pada seekor tikus, peneliti menemukan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang bertugas untuk memproduksi inlusin.

Semoga saja terdapat penelitian lebih lanjut yang dapat mengatasi penyakit diabetes secara ampuh. Ini merupakan harapan besar bagi seluruh penderita diabetes diseluruh dunia. Mereka sangat mengharapkan manfaat daun sirsak untuk diabetes dapat benar-benar teruji dan dapat mengatasi penyakit tersebut secara maksimal.