Manfaat Daun Salam dan Cara Penggunaannya Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun salam ternyata dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Mungkin selama ini kita tidak menyadari betapa banyaknya khasiat daun salam yang bisa kita dapatkan. Bagi Anda yang sering berkutat dengan aktivitas di dapur seperi memasak tentu saja sudah tidak asing dengan daun salam. Daun ini biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan untuk menyedapkan masakan.

Seperti yang dikutip dari kompasiana.com, ternyata daun salam tidak hanya dapat kita gunakan sebagai penyedap makanan saja. Ada beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami daun salam ini. Langsung saja berikut ini beberapa manfaat dan cara penggunaannya yang bisa Anda coba dirumah.

Manfaat Daun Salam


Manfaat Daun Salam
image:treyhockman.com

Daun salam dapat digunakan untuk mengatasi diare
Caranya: Ambil 15 lembar daun salam segar kemudian rebus dengan dua gelas air hingga mendidih kurang lebih selama 5-10 menit. Tambahkan sedikit garam setelah dingin, kemudian diminum.

Untuk mengatasi asam urat yang tinggi
Caranya: Ambil 9 lembar daun salam kemudian rebus dengan 700 cc air sampai tersisa 600 cc, setelah itu minum airnya selagi hangat.

Untuk mengatasi stroke
Caranya: Ambil 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang setelah itu buat menjadi masakan sesuai selera untuk dikonsumsi penderita stroke.

Untuk mengatasi radang lambung
Caranya: Ambil 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya. Kemudian rebus dengan air sebanyak 600 cc sampai tersisa 300 cc. Anda dapat meminum airnya dua kali sehari. Lakukan meminum ramuan tersebut secara teratur.

Untuk melancarkan peredaran darah
Caranya: Ambil 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar untuk direbus dengan 700 cc air sampai tersisa 350 cc. Sebelum Anda meminum ramuan tersebut sebaiknya disaring terlebih dahulu, minum sebanyak dua kali sehari.

Untuk mengatasi kolesterol tinggi
Caranya: Ambil 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai kemudian rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Setelah itu minum airnya secara teratur.

Untuk mengatasi kencing manis
Caranya: Ambil 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum dua kali sehari setelah ramuan tersebut dingin, jangan lupa disaring terlebih dahulu sebelum diminum.

Seperti halnya manfaat daun sirsak, daun salam dapat Anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit berat secara alami dan tentu saja lebih minim efek samping. Selamat mencoba!