Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya

Manfaat daun sirsak memang cukup banyak sekali dan sangat membantu kita dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Namun bagaimana cara mengolah daun sirsak agar lebih berkualitas? Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan daun sirsak. Namun cara mengeringkan daun sirsak tidak boleh sembarangan karena jika sembarangan dapat mengurangi kwalitas daun sirsak itu sendiri. 

Seringkali kita mendapatkan daun sirsak berubah warna menjadi coklat, hitam, busuk dan bau meskipun kita sudah menyimpannya di dalam lemari pendingin. Nah agar daun sirsak lebih awet tahan lama, maka Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk pengolahannya.

Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya


Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya
image:daunsirsaksurabaya.blogspot.com

Cara terbaik dan mudah untuk mengolah daun sirsak adalah dengan mengeringkannya. Dengan cara tersebut dapat membuat daun sirsak lebih awet dan tahan lama untuk digunakan sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengeringkan daun sirsak agar memiliki khasiat yang sama dengan daun segar seperti yang dilansir dari daunsirsak.net.

  • Jangan menjemur daun sirsak di bawah sinar matahari. Memang dengan menjemur di bawah sinar matahari dapat membuat daun sirsak cepat kering namun sinar ultraviolet sinar matahari dapat merusak zat-zat yang terdapat dalam daun sirsak. Ciri-ciri daun sirsak yang dijemur dibawah sinar matahari adalah daun sirsak berwarna coklat yang menandakan kloroplasnya sudah pecah dan klorofilnya rusak.
  • Jangan mencuci daun sirsak yang akan dikeringkan. Karena dengan mencuci maka kadar air daun sirsak akan meningkat sehingga proses pengeringan berlangsung lebih lama. Selain itu daun sirsak yang basah dan menempel satu sama lain sangat susah untuk kering dan akan lebih cepat membusuk. Untuk mencuci daun sirsak sebaiknya cuci setelah daun sirih kering menggunakan air yang mengalir sesaat sebelum digunakan.
  • Jangan menyimpan daun sirsak dalam kantong plastik dalam jumlah banyak dan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat membuat daun sirsak cepat membusuk karena tumpukan daun sirsak dalam jumlah banyak tersebut mengeluarkan hawa panas.
  • Untuk mengeringkan daun sirsak jangan menggunakan oven, karena kandungan daun sirsak dapat rusak oleh panas oven. Kecuali jika Anda memiliki oven yang dapat diatur panasnya, aturlah panas maksimal 60 derajat celcius.
  • Pengeringan daun sirsak yang benar adalah dengan menyebakannya secara merata di atas lantai yang diberi alas kardus atau wadah lain. Biarkan daun kering dengan sendirinya dengan bantuan angin-angin. Dengan cara tersebut daun sirsak dapat kering dalam waktu kurang lebih empat sampai lima hari.
  • Untuk penyimpanannya, simpan daun sirsak seperti biasa dan jangan sampai basah atau terkena sinar matahari.
  • Agar lebih praktis dalam menyimpannya, Anda dapat memotong-motong daun sirsak. Buang bagian ujung sedikit saja dan bagian tangkai daun.
  • Cara mengolahnya, dosis sekali rebus adalah 4 gram, yang setara dengan 10 – 12 lembar daun segar. Untuk lebih memudahkannya, Anda dapat menggunakan timbangan digital. Namun jika tidak ada maka gunakan sebanyak tiga sendok makan daun sirsak kering yang telah di potong-potong tadi.
Ciri-ciri daun sirsak kering yang berkualitas adalah warnanya masih kehijauan meskipun sudah kering. Karena kloroplasnya masih utuh. Sebaiknya jangan menggunakan daun sirsak kering yang berwarna coklat atau hitam. Selamat mencoba!